Conte Dibuat Jengkel Wasit serta Penggunaan VAR

A33bet.com – Pelatih The Blues, Antonio Conte, benar-benar geram dengan pengadil lapangan serta jajarannya ketika menang 5-3 atas Norwich City lewat adu penalti, dini hari tadi WIB. Conte menganggap Chelsea terlalu banyak dirugikan.

Dalam pertandingan babak III FA Cup di Stamford Bridge, The Blues serta Norwich bermain imbang 1-1 di waktu normal. Pertandingan mulai memanas pada babak tambahan waktu.

Willian memperoleh kartu kuning di menit 92, pengadil lapangan menganggap pesepakbola asal Brasil itu melakukan diving di kotak penalti lawan. Dalam peristiwa ini, pengadil lapangan pemantau alias video assistant referee (VAR) menganggap putusan pengadil lapangan Graham Scott telah benar.

Puncaknya, saat Alvaro Morata dijatuhkan di kotak penalti selepas coba melewati pesepakbola Norwich. Scott menganggap Morata melakukan diving serta akhirnya diberi kartu kuning.

Tidak terima, Morata langsung melancarkan protes keras ke pengadil lapangan serta langsung diganjar kartu kuning kedua di menit 117. Bakal namun, sorotan utamanya ada pada tragedi Willian, yang memang layak memperoleh penalti.

Selepas pertandingan, Conte menyoroti cara penggunaan VAR kali pertama di Inggris ini. Pelatih asal Italia itu menganggap pengadil lapangan terlalu cepat mengambil keputusan.

“Kita perlu lebih baik lagi bila ingin menggunakan sistem baru. Di pertandingan ini ada keadaan yang sangat terang, yaitu pada Willian di babak tambahan. Aku menyaksikannya serta itu ialah penalti,” ujar Conte sebagaimana dilansir Sky Sports.

“Wasit mengambil keputusan cepat untuk mengganjar kartu kuning ke Willian. Bila melakukan itu dengan cepat, itu berarti Anda tak ragu,” lanjutnya.

Tapi, Conte menganggap semestinya pengadil lapangan ikut mengecek langsung VAR. Pengadil lapangan harus mencoba teknologi ini, demi mencari solusi terbaik atas tragedi yang ada di atas lapangan.

“Bila ingin memperbaiki sistem ini Anda harus menunggu untuk mengecek bersama orang yang tengah memantau VAR. Setidaknya Anda pasti punya keraguan, karena ada ganjalan ke Willian. Mungkin itu bukan penalti, namun lebih baik bila pengadil lapangan pergi melihat VAR,” katanya.

“Di Italia, sebelum menggunakan sistem baru ini (VAR), mereka mencoba, mencoba, mencoba, Anda harus menemukan solusi terbaik. Ini tak begitu.” imbuh mantan manager Juventus ini.